Trips and Travels

Selasa, 25 Agustus 2015

First day in Perth

26 June 2015

Halo halo sudah lama aku tidak menulis blog, hahaha,
melihat kembali isi blog aku dari tahun ke tahun yang terlihat tidak jelas, mulai galau lah, pacaran lah, apaan lah pokoknya yang serba ga jelas. Maka kini aku akan mulai membuat sebuah blog yang agak bermanfaat sedikit (mungkin), yah walopun ga manfaat juga gak apa-apa, mau dibaca silahkan, mau dihujat yah silahkan *jungkir balik*

Jadi ceritanya, ini kali pertama aku ke Australia, dan gak nyangka kok ke Perth sih, Padahal dari dulu pengennya ke Melbourne, kota seribu kafe, secara waktu itu tahun 2013 waktu naek pesawat perjalanan ke Bangkok, masih inget banget kalau pas itu baca AirAsia traveling magazine yang ada di jok kursi. Iseng baca , karena bosen mau ngapain, temen sebelah udah pada ngorok, aku baca ulasan tentang Melbourne. Wih bagus banget, sempet mikir kapan yah ke Aussie, kapan yah ke Melbourne, kapan ke Sydney dan gak terlintas di pikiran mau ke Perth.

Alhamdulillah, ternyata dikasik kesempatan ke Perth, hihi bersyukur benget lha yah.

Aku naek Jet Star Indonesia dari Bali menuju Perth. yah namanya budget travel sih, apa yang mau diharapkan haha, pesawatnya sempit dan agak gak nyaman kalau emang pengen tidur dan leha leha di pesawat. dan kita gak dapat makan (padahal flight malem jam 1 am dan super laper tapi ga bawa cemilan, mau beli di pesawat tapi hemat uang) cuma dapet Aqua doank dan kalau mau kita bisa pinjem Tab gratis gitu buat nonton film atau mainan. Ada cerita seru dari perjalanan menuju Perth, jadi waktu di ruang tunggu ada mas mas bule unyu duduk disebelah aku. Kita cuma saling senyum sih, ga ngobrol gak apa, aku cuma mikir, "wah mas-nya ganteng moga moga duduk sebelahan HAHAHA" maklum waktu itu udah lewat jam 12 malam, jadi otak ini agak zonk.  Pas masuk di pesawat, waktu masukin tas ke kabin eh ternyata ada yang nyapa dari belakang, "excuse me, hello" dan pas aku noleh ... ziiiiiiiiiiiiiiiiiiiing!! tenyata mas mas unyu itu tadi!!! wah aku shocked dan speechless!

o gosh... mungkin ini maksutnya cinta dalam kabin pesawat, o help me...
HAHAHA *ngaco*,

Sebelum pesawat take off kita kenalan, aku gak semept tanya nama (bodonya yah.. :( ) pokonya dia dari Montpellier , Prancis dan kuliah s2 jurusan marine biology. hmm sexy nerd aku suka banget. Sepanjang perjalanan kita gak ngobrol, karena suara pesawat jet star itu ampun deh, bisa bikin kuping budek dan mungkin karena kepala ini sudah lelah akhirnya si cowok prancis ini tidur. Aku duduk di aisle seat, disebelah aku ada bapak-bapak tua yang ramah nyapa aku , "Apa kabar?" aku senyum dan bales, "kabar baik :)". Tapi kasihan tuh bapak, duduk disebelah 2 cowo aussie tatoan yang berisik abis, si bapak sampe pindah kursi di belakang, masih aja berisik, suaranya kueras banget mana obrolannya ga jauh jauh berkisar, "YEA FUCK MAN, I KNOW THAT FUCK MAN" yaelah keliatan banget tipikal cowo cowo aussie yang biasa kamu temukan di Bali hahah.

Anyway, si Bapak ini baek banget, aku agak get lost waktu isi kartu imigrasi pas di pesawat, disuruh nyebutin semua satu-satu benda apa yang kamu bawa, makanan apa, kena ebola apa gak (kalo kena panu gak usah disebutin), apa kamu kena gejala kayak flu dan lain lain.
Saran dan tips aja sih , BILANG AJA SEMUA BENDA YANG KAMU BAWA DAN PLEASE TOLONG CATAT ULANG KAMU BAWA AJA, BIAR GAK LUPA KAYAK AKU NANTI CERITA TENTANG DI IMIGRASI ADA SENDIRI (sori capslock jebol, soalna ini bener bener what an experience banget, duh!)

nyampe di bandara Perth, sekitar pukul 6 pagi waktu Perth atau sekitar 1 jam lebih cepat dari waktu WIB, pas turun dari pesawat aku sempet ngobrol sama bapak tua tadi (mas mas prancis tsb entah sudah kemana, semoga kita berjodoh di lain waktu yah mas), ternyata beliau gak tinggal di Perth , tapi tinggal di Mandurah yang berjarak 1,5 jam naek kereta (hahaha sori ga pake kilometer). Aku cuma bengong, waktu si Bapak bilang aku disuruh maen ke Mandurah, aku cuma bilang "walah pak, this is my first time coming to Perth, i know nothing about this city, but we'll see, maybe i could give it a try". si Bapak meyakinkan lagi kalau aku harus dateng ke Mandurah haha (dan ternyata, YES! nanti aku ceritain part khusus yah, bisa klik langsung di link). Si Bapak ternyata seorang researcher tentang budaya dan dia lagi ada seminar di Bali, sempet kita ngobrol banyak, anaknya dua seumuran sama aku tapi lagi kuliah di UK, jadi dia tinggal sama istrinya doank, sempet mikir jangan jangan nih Bapak modus pengen cari menantu :'> dan ternyata gak juga sih, si Bapak ini emang ramah banget dan enak diajak ngobrol.

Beginilah gambar sekilas Airport di Perth, ga seberapa bagus sih kalau aku bilang, waktu itu masih banyak rekonstruksi sana sini tapi well at least okelah , kalau di bandingin sama Juanda T2 mungkin aku masih bilang bagus di Juanda, well tapi okesih, yang penting bersih dan gak terlalu sibuk juga atau mungkin pas itu masih pagi banget yah, Pas turun aku langsung di jemput sama host family, Bang Ara. Bang Ara ini saudara dari temen, berhubung kita ke Perth na orang 4 dari surabaya dan sama sama pertama kali ke Aussie, Alhamdulillah aja salah satu temen punya saudara yg lagi PhD disana. Waktu turun kita langsung ganti simcard pake Optus bayar 20 dollar untuk 2 minggu udah free call sama free internet 500 MB per hari (hmm mahal juga sih) tapi kata Bang Ara ini udah best value banget dan terhitung murah dibanding sama provider lain macem vodafone, kalau masalah sinyal entahlah, aku mikir kalo tinggal di kota yah pasti banyak sinyal. Tapi Optus ini lumayan worth it, sinyal bagus dan cukup hemat banget secara aku gunain buat banyak telpon ke teman teman pas di perth.

Aku dateng ke Perth waktu Winter, tapi Winter di Perth mungkin lebih kayak berasa dingin di Puncak atau dingin di desa desa di Indo (kalau anak Jawa Timur, dinginnya kayak di Cuban Rondo!). Ga ada salju, uniknya, tapi pohon pohon banyak yang meranggas. Iseng ngecek pas pertama di Perth suhu udara pagi itu 6C, menggigil sih tapi stelah masuk mobil bang Ara ternyata anget banget (yaiyalah mobilnya ada heater, plisss) terus kita menuju ke rumah host family kita di Temple Street, Victoria.

Waktu pertama dateng di Temple Street, aku suka lingkungan residennya, sepi, nyaman dan asri. Dan rumah kita deket sama Markas Freemason muahahaha ini beneran, kirain apa kok tiap malem banyak mobil mobil bagus jejer, ternyata disitu ada Freemason base dan itu cuma jalan 5 menit dari rumah host fam.
Host Fam kita orang indo, namanya tante Nurmala, orang medan. Tante kuliah di Curtin ambil PHd dan suami tante dan anak tante, si Michelle yang masih kelas 6 SD ikut juga. Kita banyak sharing sama Tante soal kuliah, dan lain lain. Well kalo aku bilang tante ini orangnya welcome banget dan kita bersyukur dapet juga host fam yang mau menampung kita anak anak slebor ini. Pas pertama dateng kita cuma beberes, berbenah, nata kasur (ga berani mandi soalnya dingin banget). Karena kebetulan pas itu puasa jadi kita ga makan dan gak minum dan tidur lagi sampe jam 3 sore.
Jam 4 sore aku coba keluar, jalan jalan sendiri sama temen berdua doank.

Victoria Park disini semacam suburb yang banyak depot depot bertebaran, sepanjang jalan di Vic Park isinya cuma pertokoan dan depot yang sepi pengunjung, Kalau aku boleh bilang orang aussie ga suka jajan di warung kali yah, waktu itu aku datang hari Jumat, tapi kalau weekend biasanya rame sih, dan toko-toko disana juga pada  mau tutup (mereka cuma buka sampe jam 5/6).

Kita cuma jalan aja , sampe capek dan ternyata berujung ke sebuah taman (yang sampe sekarang namanya masih menjadi misteri, kita sebut saja taman bu victoria hahaha) yang enak banget buat duduk-duduk. Disana cuma duduk-duduk aja sih sama lihatin bus lewat dan orang orang pulang kerja. Winter di Perth sore itu sejuk banget dan gak dingin. Pas waktu maghrib kita pulang dan jalanan udah mulai sepi ... dan sore itu diakhiri dengan berbuka puasa dengan segelas air dan sereal. alhamdulillah :)